PEMBINAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH DI KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Baiq, Raodah (2015) PEMBINAAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH DI KECAMATAN BATUKLIANG UTARA KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAIQ RAODAH_06101241011.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembinaan guru sekolah dasar jabatan guru pembina (IV/a) dalam pembuatan karya tulis ilmiah bidang pendidikan oleh pengawas sekolah dasar dan kepala sekolah dasar, (2) pelaksanaan pembinaan guru sekolah dasar jabatan guru pembina (IV/a) dalam pembuatan karya tulis ilmiah bidang pendidikan oleh pengawas sekolah dasar dan kepala sekolah dasar, (3) evaluasi dan hambatan pelaksanaan pembinaan pembinaan guru sekolah dasar dalam pembuatan karya tulis ilmiah bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengawas sekolah dasar di Kecamatan Batukliang Utara yang berjumlah 4 orang dan seluruh kepala sekolah dasar di Kecamatan Batukliang Utara yang berjumlah 34 orang. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket dan analisis dokumen. Validitas angket ditentukan dengan rumus korelasi Product Moment. Reliabilitas instrumen angket ditentukan dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab pemasalahan dalam penelitian ini menggunakan rumus persentase kemudian hasil persentase dikategorikan secara kualitatif. Hasil penelitian pembinaan guru sekolah dasar jabatan guru pembina (IV/a) Se-Kecamatan Batukliang Utara dalam pembuatan karya tulis ilmiah bidang pendidikan adalah (1) perencanaan pembinaan guru oleh kepala sekolah dikategorikan baik dengan rata-rata hasil persentase 67,44 dan oleh pengawas sekolah dikategorikan baik dengan rata-rata hasil persentase 79,3 (2) pelaksanaan pembinaan guru oleh kepala sekolah dikategorikan cukup baik dengan rata-rata hasil persentase 56,65 dan oleh pengawas sekolah dikategorikan baik dengan ratarata hasil persentase 74,25 (3) evaluasi pembinaan guru oleh kepala sekolah dikategorikan baik dengan rata-rata hasil persentase 64,70 dan evaluasi pembinaan oleh pengawas sekolah dikategorikan baik dengan rata-rata hasil persentase 75. Sedangkan hambatan yang terjadi dalam peoses pelaksanaan pembinaan oleh kepala sekolah dan pengawas sekolah adalah kurangnya minat guru dalam pembuatan karya tulis ilmiah bidang pendidikan, kurangnya sarana prasarana yang mendukung, seperti belum meratanya jaringan internet dan kurangnya literatur yang dapat dijadikan panduan dalam menulis yang menyebabkan guru susah dalam mendapatkan informasi pendidikan yang terbaru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 30 Jun 2015 03:27
Last Modified: 30 Jan 2019 00:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21587

Actions (login required)

View Item View Item