Pengembangan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Kreativitas Peserta Didik pada Pelajaran Fisika SMA

Yunita, Rina (2015) Pengembangan Model Project Based Learning Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama dan Kreativitas Peserta Didik pada Pelajaran Fisika SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina-yunita-13708251034.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah model LBM dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan kreativitas peserta didik; (2) apakah model LBM memiliki perbedaan peningkatan kemampuan kerjasama dan kreativitas peserta didik yang signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan model tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Produk yang dikembangkan adalah model project based learning terbimbing, disebut model LBM, pada pelajaran fisika yang disusun dalam buku panduan untuk guru. Tahap ujicoba dilakukan sebanyak dua kali. Uji coba pertama adalah ujicoba terbatas untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks pembelajaran yang dikembangkan, sedangkan pada ujicoba kedua dilakukan kuasi-eksperimen. Kuasi eksperimen dilakukan di SMAN 7 Yogyakarta pada semester Genap Tahun ajaran 2014/2015. Selanjutnya, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan angket. Observasi digunakan untuk mengetahui kemampuan kerjasama peserta didik, sedangkan angket digunakan untuk mengetahui potensi kepribadian kreatif peserta didik melalui penilaian diri. Teknik analisis pada tahap ujicoba kedua ini menggunakan uji multivariat (manova). Hasil ujicoba produk menunjukkan bahwa model LBM yang disusun dalam buku panduan untuk guru dapat meningkatkan kreativitas dan kerjasama peserta didik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan menggunakan model LBM terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kerjasama dan kreativitas yang signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan model tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model learning by modifiying (LBM), kemampuan kerjasama, kreativitas
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:08
Last Modified: 09 May 2019 02:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21498

Actions (login required)

View Item View Item