PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF POHON KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TK PERTIWI TAMPIRKULON I MAGELANG

Dwi Saputra, Andi (2014) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF POHON KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA TK PERTIWI TAMPIRKULON I MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Andi Dwi Saputra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif pohon kata yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa TK Pertiwi Tampirkulon Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan sembilan langkah pengembangan yang digunakan. Sembilan langkah dalam penelitian ini diantaranya adalah Penelitian dan Pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan Produk Awal, Ujicoba Produk Awal. Merevisi Hasil Ujicoba, Ujicoba Lapangan, Penyempurnaan Produk uji coba lapangan, Uji Pelaksanaan Lapangan, Penyempurnaan Produk Akhir. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa TK Pertiwi Tampirkulon 1 kelompok B dengan tiga kali ujicoba. Ujicoba pertama adalah ujicoba perorangan yang melibatkan dua siswa, ujicoba kedua adalah ujicoba skala kecil yang melibatkan empat siswa, ujicoba ketiga adalah ujicoba lapangan yang melibatkan sepuluh siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Jenis data yang diperoleh berupa data deskriptif kuantitatif. Produk dari penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa alat permainan edukatif pohon kata layak untuk dikembangkan. Kelayakan alat permainan edukatif dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, dan ujicoba. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai rata-rata (4,62). Hasil validasi ahli media memperoleh nilai rata-rata (4,14). Ujicoba dilakukan dengan tiga tahap yaitu ujicoba perorangan, ujicoba skala kecil, dan ujicoba lapangan. Ujicoba perorangan memperoleh nilai rata-rata (4,33). Ujicoba skala kecil memperoleh nilai rata-rata (4,38). Ujicoba ketiga memperoleh nilai rata-rata (4,46). Hasil keseluruhan penilaian dari validasi ahli dan ujicoba produk alat permainan edukatif pohon kata adalah layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 26 Jun 2015 01:00
Last Modified: 30 Jan 2019 00:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21441

Actions (login required)

View Item View Item