STUDI ESTETIKA EKSPERIMENTAL: TANGGAPAN PEMBACA AKADEMIK TERHADAP DRAMA “DER ZERBROCHENE KRUG” KARYA HEINRICH VON KLEIST

Ananda, Sisca Dwi (2014) STUDI ESTETIKA EKSPERIMENTAL: TANGGAPAN PEMBACA AKADEMIK TERHADAP DRAMA “DER ZERBROCHENE KRUG” KARYA HEINRICH VON KLEIST. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sisca Dwi Ananda 09203244006.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan pembaca akademik terhadap Drama Der zerbrochene Krug karya Heinrich von Kleist. Tanggapan ini berupa (1) penilaian umum, (2) penilaian berdasarkan kriteria-kriteria khusus, dan (3) kriteria yang relevan dalam rasionalisasi pembaca akademik terhadap drama ini. Pembaca akademik yang dimaksud adalah 31 orang mahasiswa semester 8 Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman. Mereka dianggap memenuhi kriteria informed reader yang diajukan Fish dan termasuk juga dalam kategori pembaca riil. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang diadaptasi dari penelitian Rien T. Segers di Universitas Yale. Instrumen divalidasi secara konstruk melalui expert judgment oleh Prof. Dr. Suminto A. Sayuti. Reliabilitas instrumen didapat melalui rumus Alpha Cornbach dan mendapatkan koefisien sebesar rxx = 0,907. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dengan program Microsoft Excel dan SPSS 19. Selanjutnya, hasil olah data disusun dalam tabel dan dideskripsikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rata-rata penilaian umum pembaca akademik terhadap drama ini sebesar 5,65, yang berarti drama ini dinilai baik, (2) berdasarkan kriteria khusus, terdapat empat kriteria yang didapat yakni sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah. Satu-satunya kriteria yang dinilai sangat tinggi oleh pembaca akademik adalah lifelike, dengan rata-rata 4,55. Sedangkan kriteria dengan rerata terendah adalah penggunaan bahasa, yang hanya memperoleh angka 1,65. Kriteria seperti konflik, kritik sosial, dapat dipahami, karakterisasi, alur, daya tarik, tema, masuk akal, emosi, ketegangan cerita, dan kepuasan pembaca mendapatkan rata-rata dengan kategori kuat, yang berarti dinilai cukup tinggi oleh pembaca. Selain itu masih ada kriteria dengan rata-rata sedang yakni ironi, struktur, pemaknaan simbol, bentuk, keterlibatan, minat pembaca dan spontanitas, (3) kriteria yang relevan dalam rasionalisasi penilaian umum pembaca akademik terhadap drama ini adalah kritik sosial (0,858), konflik (0,832), ironi (0,816), lifelike (0,761), alur (0,68), struktur (0,667), minat pembaca (0,666), keterlibatan (0,642), emosi (0,629), karakterisasi (0,623), masuk akal (0,614), dapat dipahami (0,612), bentuk (0,486), kepuasan pembaca (0,454), daya tarik (0,422), dan pemaknaan simbol (0,413) dibandingkan dengan empat kriteria lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: studi estetika eksperimental, drama
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Jun 2015 06:22
Last Modified: 29 Jan 2019 23:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item View Item