Nugroho, Prasetya Adhi (2010) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW). S1 thesis, FMIPA.
|
Text
SKRIPSI_nyong.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIIIA SMP N 4 Depok Sleman melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Thiink-Talk-Write (TTW) khususnya pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIIIA SMP N 4 Depok yang berjumlah 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini diantaranya, lembar observasi komunikasi dan pemecahan masalah matematika, angket respon, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui tiga tahapan dalam pembelajaran tipe TTW, yaitu think (berpikir), talk (berbicara) dan write (menulis), dapat meningkatkan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan komunikasi matematika pada aspek kemampuan memberikan alasan rasional terhadap suatu pernyataan sebesar 56,94% pada siklus I dan 63,2% pada siklus II. Kemapuan mengubah bentuk uraian ke dalam model matematika sebesar 58,3% pada siklus I dan 59, 3% pada siklus II. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah pada aspek kemampuan mengilustrasikan ide-ide matematika ke dalam bentuk uraian yang relevan sebesar 53,125% pada siklus I dan 71,25% pada siklus II. Selain itu, dari hasil angket respon siswa diperoleh besarnya persentase untuk tiap indikator dalam angket respon siswa juga mengalami peningkatan, yakni: Aktivitas komunikasi matematika tertulis dan penyelesaian masalah matematika dalam tahap Think sebesar 64,44% dengan kriteria baik pada siklus 1 dan 65,52% pada siklus 2 masih dengan kriteria baik. Aktivitas komunikasi dan penyelesaian masalah matematika ketika mengikuti pembelajaran dalam tahapan Talk sebesar 68,06% dengan pada siklus 1 dan 69,05% pada siklus 2 keduanya pada kriteria baik. Aktivitas komunikasi dan penyelesaian masalah matematika ketika mengikuti pembelajaran dalam tahapan Write sebesar 68,98% pada siklus 1 dan 70,13% pada siklus 2, keduanya pada kriteria baik. Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran (TTW) sebesar 66,53% pada siklus 1 dan 66,94% pada siklus 2, keduanya pada kriteria baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 02:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 14:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2119 |
Actions (login required)
View Item |