PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-KOTA MADYA YOGYAKARTA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI

Pandu, Wicaksana Nugraha (2015) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-KOTA MADYA YOGYAKARTA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Pandu Wicaksana Nugraha 09520244010.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA PADA SISWA KELAS XII SMK NEGERI SE-KOTA MADYA YOGYAKARTA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI Pandu Wicaksana Nugraha Nim. 09520244010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh minat belajar siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (2) pengaruh perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi, (3) pengaruh minat belajar dan perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian Survei. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK negeri se-kota madya Yogyakarta sebanyak 358 responden. Penelitian ini menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Penelitian ini terdiri dari empat variabel yaitu: minat belajar (X1), perhatian orang tua (X2) sebagai variabel bebas, motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi (Y) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen dilakukan dengan validitas Isi dan Validitas Konstruksi sedangkan reliabilitas diketahui melalui Alfa Cronbach. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 26,9%, (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 24%, (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan perhatian orang tua siswa kelas XII SMK Negeri se-kota madya Yogyakarta terhadap motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebesar 33,9%. Kata kunci : minat belajar, motivasi melanjutkan studi ke perguruan tinggi, perhatian orang tua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 19 Jun 2015 03:01
Last Modified: 29 Jan 2019 23:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21007

Actions (login required)

View Item View Item