Nunik, Solichatun (2015) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AUDIO MIXER KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO di SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Nunik Solichatun 07502241008.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN AUDIO MIXER KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO di SMK PIRI 1 YOGYAKARTA Oleh : Nunik Solichatun NIM. 07502241008 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi audio mixer dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMK PIRI 1 Yogyakarta kompetensi keahlian teknik audio video kelas XI setelah menggunakan media animasi pada materi audio mixer. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Agustus 2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik AV yang berjumlah 22 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalen kontrol group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Pengujian persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas, teknik uji normalitas menggunakan teknik analisis chi kuadrat. Validitas instrument soal tes dilakukan dengan judgement expert dan uji coba instrument. Reliabilitas instrument tes dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20) diperoleh harga r=0.945 untuk soal pilihan ganda dan harga r=0.937 untuk soal isian yang berarti reliabilitas instrumen sangat tinggi. Hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran audio mixer menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok kontrol memiliki nilai 10 sampai 28 dengan rata-rata 19,20. Hasil belajar kelompok eksperimen memiliki nilai 9 sampai 31 dengan rata-rata 22,56. Berdasarkan hasil belajar tersebut kemudian data diolah menggunakan analisa uji beda untuk mengetahui perbedaan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen hasilnya harga thitung<ttabel (1,169<2,567) , maka tidak ada perbedaan antara hasil pretest antara 2 kelompok. Hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran audio mixer menunjukkan bahwa rata-rata kelompok kontrol 31,30 dan kelompok eksperimen 36,56. Hasil analisa uji t untuk kedua kelompok adalah thitung >ttabel (4,805>2,567), maka dapat diketahui terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen untuk hasil postest. Besar pengaruh media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar siswa adalah 57,4% dan sisanya 42,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Kata kunci : media pembelajaran, animasi, audio mixer, hasil belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 17 Jun 2015 07:44 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:43 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20869 |
Actions (login required)
View Item |