PENERAPAN MODEL THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MEMAHAMI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING (BE SMART) DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Muhammad, Bakhtiar Rivai (2015) PENERAPAN MODEL THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MEMAHAMI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING (BE SMART) DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Muhammad Bakhtiar Rivai 09520244015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT) UNTUK MEMAHAMI TINGKAT PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN E-LEARNING (BE SMART) DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Oleh : Muhammad Bakhtiar Rivai NIM.09520244015 ABSTRAK Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) adalah teori yang dikemukakan oleh Venkatesh, et al. (2003) gabungan dari 8 teori-teori penerimaan teknologi sebelumnya. UTAUT memiliki empat kostruk utama yang langsung berpengaruh terhadap penerimaan pemakai dan perilaku pemakai. Keempat konstruk ini adalah 1) ekspektansi kinerja (performance expectancy), 2) ekspektansi usaha (effort expectancy), 3) pengaruh sosial (social influence), dan 4) kondisi-kondisi pemfasilitasi (facilitating conditions). Model ini selanjutnya digunakan untuk meneliti Be Smart yang merupakan Learning Management System (LMS) berbasis web. Be Smart adalah e-learning milik Universitas Negeri Yogyakarta yang berasal dari Moodle versi 1.9.15 yang sudah disesuaikan, memiliki fasilitas seperti mengelola materi perkuliahan. Penelitian ini selanjutnya akan menjelaskan tentang hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan Be Smart dengan menggunakan model UTAUT. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan teknik analisis data pendekatan PLS. Data diperoleh dari responden (mahasiswa Fakultas Teknik UNY) diperoleh dengan menyebarkan kuisioner tertutup. Besarnya sampel pada penelitian yang menggunakan pendekatan PLS ini sejumlah 60 mahasiswa, dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software smartPLS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Konstruk Performance Expectancy (PE) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS); (2) Konstruk Effort Expectancy (EE) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS); (3) Konstruk Social Influence (SI) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS); (4) Konstruk Facilitating Condition (FC) berpengaruh positif terhadap konstruk Behavioral Intention to Use The System (BIUS). Selain itu koefisien variabel latent FC terhadap konstruk BIUS pada model ini memiliki nilai paling besar diantara nilai koefisien variabel latent pada model hubungan antar konstruk lainnya. Kata Kunci : Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Learning Management System (LMS), E-Learning, Be Smart, Partial Least Square (PLS)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 17 Jun 2015 02:36
Last Modified: 29 Jan 2019 23:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20808

Actions (login required)

View Item View Item