Studi Komparasi antara Strategi QUIP (Questions into Paragraphs) dan Strategi Information Charts dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII SMP Se-Kota Yogyakarta

Wulandari, Ayu (2015) Studi Komparasi antara Strategi QUIP (Questions into Paragraphs) dan Strategi Information Charts dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas VII SMP Se-Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayu-wulandari-13706251002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara strategi QUIP (Questions into Paragraphs) dan strategi Information Charts dalam pembelajaran menulis teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP Se-Kota Yogyakarta. Selain itu, penelitian ini ingin menbuktikan keefektifan penggunaan strategi QUIP (Questions into Paragraphs) dan strategi Information Charts dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Randomized Pretest-Posttest Contol Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Se-Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel dipilih sebanyak tiga kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data adalah uji anava dan scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajar menggunakan strategi QUIP (Questions into Paragrahps) dengan siswa yang tidak diajar menggunakan strategi QUIP (Questions into Paragrahps), dengan nilai F = 10.458 dan nilai Sig (2-tailed) 0.000 < 0.050. Penggunaan strategi QUIP (Questions into Paragrahps) dalam pembelajaran menulis teks eksposisi lebih efektif apabila dibandingkan dengan pembelajaran menulis teks eksposisi tanpa strategi QUIP (Questions into Paragrahps), dengan mean postes kelas eksperimen 1 lebih besar dari mean postes kelas kontrol, yakni 74.00 > 67.60. Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajar menggunakan strategi Information Charts dengan siswa yang tidak diajar menggunakan strategi Information Charts, dengan nilai F = 10.458 dan nilai Sig (2-tailed) 0.000 < 0.050. Penggunaan strategi Information Charts dalam pembelajaran menulis teks eksposisi lebih efektif apabila dibandingkan dengan pembelajaran menulis teks eksposisi tanpa strategi Information Charts. Dengan nilai mean postes kelas eksperimen 2 dan mean postes kelas kontrol 67.83 > 67.60. Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis teks eksposisi siswa yang diajar menggunakan strategi QUIP (Questions into Paragraphs) dengan siswa yang diajar menggunakan strategi Information Charts, dengan nilai F = 10.458 dan nilai Sig (2-tailed) 0.000 < 0.050. Selain itu, penggunaan strategi QUIP (Questions into Paragraphs) lebih efektif apabila dibandingkan dengan strategi Information Charts dan strategi konvensional dalam pembelajaran menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Strategi QUIP (Questions Into Paragraphs), Strategi Information Charts, dan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Jun 2015 07:20
Last Modified: 14 Nov 2022 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20789

Actions (login required)

View Item View Item