STUDI KASUS TENTANG PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS DVIII SMP NEGERI 2 KLATEN TAHUN 2013/2014

Istuningsih (2014) STUDI KASUS TENTANG PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS DVIII SMP NEGERI 2 KLATEN TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Istuningsih 12209247007.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang permasalahan pembelajaran seni tari pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Klaten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Klaten. Untuk memperoleh data yang valid dilakukan pemeriksaan data dengan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil pengamatan pada penelitian ini didapatkan: 1) Sarana yang ada disekolah tersebut ternyata belum semuanya memadai contohnya ruang untuk praktek seni tari. 2) lokasi SMP Negeri 2 Klaten terletak di pinggir jalan pusat kota sehingga pembelajaran sering terganggu oleh kebisingan suara kendaraan yang berlalu lalang. 3) Dalam hal praktek, kedisiplinan guru masih kurang karena guru belum memberikan contoh yang tepat dalam hal busana untuk praktek sehingga dalam memberi contoh gerak tari tidak bisa maksimal. 4) Sebelum mengajar guru selalu menyiapkan RPP. 5) Di dalam proses belajar mengajar seni tari tetap berjalan lancar karena pada dasarnya siswa sudah memiliki prestasi yang baik, input sekolah ini memiliki nilai KKM yang tinggi dan di dukung oleh semangat belajar siswa serta mempunyai kemauan yang tinggi dalam mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Studi Kasus, Pembelajaran, dan Seni Tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 16 Jun 2015 07:25
Last Modified: 29 Jan 2019 23:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20748

Actions (login required)

View Item View Item