EFEKTIVITAS PENERAPAN TIPE BAMBOO DANCING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

GALIH P., RENGGA (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN TIPE BAMBOO DANCING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1. Halaman Depan Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Published Version

Download (147kB)
[img] Other (FIS Digital)
3.BAB I Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Published Version

Download (49kB)
[img] Other (FIS Digital)
4.BAB II Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Published Version

Download (143kB)
[img] Other (FIS Digital)
5.BAB III Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Published Version

Download (177kB)
[img] Other (FIS Digital)
6.BAB IV Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Accepted Version

Download (256kB)
[img] Other (FIS Digital)
7.BAB V Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Accepted Version

Download (41kB)
[img] Other (FIS Digital)
8.DAFTAR PUSTAKA Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Accepted Version

Download (47kB)
[img] Other (FIS Digital)
9. Lampiran Sej 05406244035 RENGGA GALIH P.swf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran sejarah pada umumnya dipandang sebelah mata karena dianggap kurang menarik dan membosankan bagi siswa dikarenakan metode yang digunakan cenderung monoton dan kurang bervariasi. Untuk itu perlu diterapkan metode pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar sejarah antara pembelajaran sejarah yang menggunakan tipe Bamboo Dancing dengan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan tipe Bamboo Dancing di kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 175 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purpose sample didapat 70 siswa sebagai sampel penelitian untuk memudahkan penelitian diambil dua kelas yakni kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen dalam perlakuannya menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode ceramah. Desain penelitian menggunakan observasi dan test prestasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran sejarah menggunakan tipe Bamboo Dancing dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran sejarah tidak menggunakan tipe Bamboo Dancing di kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai rerata kelompok eskperimen sebesar 14.914 sedangkan nilai rerata kelompok kontrol 13.031. Hasil penghitungan didaapat t-hitung 5.51 ada pun t-tabel dengan taraf signifikan 5% adalah 2.00. dengan demikian t-hitung > t-tabel. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan tipe Bamboo Dancing dibandingkan dengan pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan tipe Bamboo Dancing. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kooperatif learning tipe Bamboo Dancing lebih efektif secara signifikan daripada pembelajaran sejarah yang tidak menggunakan tipe Bamboo Dancing dilihat dari prestasi belajar terhadap siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: Efektivitas SMA Negeri 6 Yogyakarta, Bamboo Dancing, Pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 12 Jun 2015 01:08
Last Modified: 29 Jan 2019 23:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20405

Actions (login required)

View Item View Item