TINGKAT IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) (Studi Pelaksanaan Pembelajaran SMA RSBI di Yogyakarta)

Indah, Widiningrum (2015) TINGKAT IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) (Studi Pelaksanaan Pembelajaran SMA RSBI di Yogyakarta). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Indah Widiningrum 07520244062.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

TUGAS AKHIR SKRIPSI TINGKAT IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) (Studi Pelaksanaan Pembelajaran SMA RSBI di Yogyakarta) Oleh: Indah Widiningrum NIM. 07520244062 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelaksanaan pembelajaran SMA RSBI di Yogyakarta, serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran SMA RSBI di Yogyakarta. Fokus penelitian ini adalah pada proses pelaksanaan pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif (a mixed methods research) dengan model Embedded Mixed Methods Design. Subjek penelitian adalah sekolah yang ditentukan melalui purposive sampling, meliputi SMA N 1 Yogyakarta, SMA N 2 Yogyakarta, SMA N 3 Yogyakarta, dan SMA N 8 Yogyakarta. Responden penelitian ini terdiri dari guru kelas XI IA (Ilmu Alam) rintisan bertaraf internasional, siswa kelas XI IA (Ilmu Alam) rintisan bertaraf internasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket guru dan siswa. Data kemudian dianalisis secara terpisah, yaitu data kualitatif menggunakan metode analisis Miles & Huberman dan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat pelaksanaan pembelajaran SMA RSBI di Yogyakarta adalah sebagai berikut : (1) SMA N 1 Yogyakarta sebesar 72,24% dengan kriteria baik, (2) SMA N 2 Yogyakarta sebesar 63,79% dengan kriteria cukup, (3) SMA N 3 Yogyakarta sebesar 70% dengan kriteria cukup, (4) SMA N 8 Yogyakarta sebesar 60,50% dengan kriteria cukup. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu penguasaan Bahasa Inggris yang kurang, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran masih kurang maksimal. Kata kunci: RSBI, pembelajaran RSBI, pembelajaran SMA RSBI.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 11 Jun 2015 07:14
Last Modified: 29 Jan 2019 23:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item