PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DENGAN TEMA KEMERDEKAAN INDONESIA

Astuti, Septi Indri (2013) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DENGAN TEMA KEMERDEKAAN INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
2.ABSTRAK IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.swf - Published Version

Download (47kB)
[img] Other (FIS Digital)
3.BAB I IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.swf - Published Version

Download (47kB)
[img] Other (FIS Digital)
1. HALAMAN AWAL IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.swf - Published Version

Download (518kB)
[img] Other (FIS Digital)
4.BAB II IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.swf - Published Version

Download (112kB)
[img] Other (FIS Digital)
5.BAB III IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.swf - Published Version

Download (99kB)
[img] Other (FIS Digital)
6.BAB IV IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Other (FIS Digital)
7.BAB V IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (FIS Digital)
8.LAMPIRAN IPS 09416244041 Septi Indri Astuti.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Modul Pembelajaran IPS untuk siswa SMP kelas VIII dengan tema kemerdekaan Indonesia. Modul pembelajaran ini digunakan dalam pembelajaran IPS di SMP. Belum adanya modul pembelajaran IPS terpadu menjadi salah satu kendala IPS masih diajarkan secara terpisah-pisah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahapan pengembangan modul dilakukan sampai dianggap baik untuk digunakan dalam pembelajaran IPS. Kemudian dilakukan uji coba terbatas dan uji coba pemakaian. Data penelitian terdiri dari hasil penilaian oleh ahli materi dan ahli media serta respon siswa terhadap modul. Data hasil penilaian dikonversikan menjadi skala lima, untuk menentukan kategori modul. Modul dianggap baik jika penilaian oleh ahli materi dan ahli media memiliki kategori rerata skor minimun “cukup”. Hasil penelitian pengembangan yaitu modul pembelajaran IPS untuk siswa SMP kelas VIII di kategorikan baik untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari penilaian oleh ahli materi dari komponen isi memiliki rerata skor 3,92 dan 4,16 dengan kategori baik. Penilaian modul oleh ahli media dari komponen penyajian, bahasa, dan kegrafikan memiliki rerata skor masing-masing 3,18; 3,4; dan 3,36. Pembelajaran menggunakan modul mendapat respon positif dari siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil ui coba terbatas mendapat rerata skor 4,46; 4,53; dan 3,2. Sedangkan pada uji coba pemakaian mendapat rerata skor terendah 3,0 dan rerata skor tertinggi 4,2. Kata kunci: Modul pembelajaran, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:19
Last Modified: 29 Jan 2019 23:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20358

Actions (login required)

View Item View Item