EFEKTIVITAS METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2012/2013

Puspita, Khalida (2013) EFEKTIVITAS METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1 Halaman Awal FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Published Version

Download (899kB)
[img] Other (FIS Digital)
2 Abstrak FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Published Version

Download (60kB)
[img] Other (FIS Digital)
3 BAB I FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Published Version

Download (67kB)
[img] Other (FIS Digital)
4 BAB II FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Published Version

Download (167kB)
[img] Other (FIS Digital)
5 BAB III FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Published Version

Download (172kB)
[img] Other (FIS Digital)
6 BAB IV FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Other (FIS Digital)
7 BAB V FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Other (FIS Digital)
8.LAMPIRAN FIS 09416244015 Khalida Puspita.swf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Ngemplak rendah, karena metode pembelajaran kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan metode Examples Non Examples dibandingkan menggunakan metode ceramah pada pembelajaran IPS, 2) Keefektifan metode Examples Non Examples dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Variabel penelitian meliputi metode Examples Non Examples sebagai variabel bebas, metode ceramah sebagai variabel kontrol, kemampuan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini kelas VIII SMP Negeri 2 Ngemplak. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling, kelas VIII D sebagai kelas eksperimen menggunakan metode Examples Non Examples, kelas VIII C sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan tes. Validasi instrumen observasi, angket dan tes melalui expert judgment. Reliabilitas instrumen melalui teknik internal consistency, perhitungan dengan KR-20. Teknik analisis data menggunakan uji-t, dilanjutkan perhitungan ukuran efek (d). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa siswa menggunakan metode Examples Non Examples dibandingkan menggunakan metode ceramah pada pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t, nilai thitung = 2,750 > nilai ttabel = 2,000 pada taraf sig. 5 %, dengan p<0,05 (0,008 < 0,05). Selanjutnya, besar ukuran efek metode Examples Non Examples adalah 0,59 (0,2 < d >0,8)/efek sedang, artinya metode Examples Non Examples memberikan efek sedang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dapat disimpulkan bahwa metode Examples Non Examples efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS. Kata kunci: Examples Non Examples, Ceramah, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Jun 2015 02:53
Last Modified: 29 Jan 2019 23:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20354

Actions (login required)

View Item View Item