Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi Dan Antariksa Di sekolah-sekolah di Indonesia sejak dahulu hingga sekarang Sebuah tinjauan singkat

Muhammad, Kurdi (2007) Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Bumi Dan Antariksa Di sekolah-sekolah di Indonesia sejak dahulu hingga sekarang Sebuah tinjauan singkat. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007. ISSN 978-979-99314-2-9

[img]
Preview
Text
9_Muhammad Kurdi.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fmipa.uny.ac.id

Abstract

Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (Earth and Space Science), disingkat IPBA bukan barang baru dalam dunia pendidikan dan pengajaran . Hanya pemberian nama disiplin ilmunya sejak dulu hingga sekarang beragam. Dalam zaman Belanda dinamakan Wis-en Natuurkundig Aardrijkskunde (Ilmu Bumi Matematik dan Alam), diajarkan di MULO (setingkat SLTP), kelas tiga. Kemudian pada sekolah lanjutannya, yaitu AMS (setingkat SMU), diajarkan Natuurkundig Aardrijkskunde dan Kosmografie secara terpisah. Pada zaman Jepang pada Pendidikan Guru Sekolah Lanjutan. Ironisnya pada waktu itu diajarkan di bagian Sosbud, yaitu pada pelajaran Ilmu Bumi. Sesuai dengan perjalanan zaman, terjadi perubahan-perubahan yang juga terjadi terhadap pembelajaran IPBA. Kalau melihat pendidikan di negara-negara maju, IPBA diajarkan secara populer sejak sekolah dasar, di sekolah lanjutan para siswa diajak berpartisipasi dalam pengamatan alam sekitar dan pengamatan angkasa. Tentu sarananya sangat memuaskan dan beaya juga cukup. Dalam pada itu di Indonesia seakan-akan dilupakan. Sebab tujuan sekolah adalah untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar, sedangkan di sekolah-sekolah yang mengajarkan ilmu- ilmu eksakta, harapan menjadi kaya kurang terdapat dalam benak fikiran siswa. Dalam tulisan singkat ini penulis ingin mencoba membahas kemungkinan-kemungkinan yang dapat ditempuh oleh para perancang pendidikan, agar pembelajaran IPBA mendapat tempat yang layak dalam dunia pendidikan kita, sesuai dengan kemajuan zaman yang di negara-negara lain, di mana ilmu tentang antariksa maju dengan pesat. Penulis mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan dalam penulisan ini, dan terhadap koreksi yang diberika penulis mengucapkan banyak terima kasih.

Item Type: Article
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2007
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Fisika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 10 Jun 2015 00:41
Last Modified: 06 Mar 2019 00:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20213

Actions (login required)

View Item View Item