EKSISTENSI KESENIAN TRADISIONAL SHALAWATAN SAMANAN DALAM TRADISI MAULUDAN DI DUSUN JOLOSUTRA DESA SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA

Supriyatun (2014) EKSISTENSI KESENIAN TRADISIONAL SHALAWATAN SAMANAN DALAM TRADISI MAULUDAN DI DUSUN JOLOSUTRA DESA SRIMULYO KECAMATAN PIYUNGAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Supriyatun 07209241031.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi kesenian tradisional Shalawatan Samanan dalam tradisi Mauludan di Dusun Jolosutra Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah Kesenian Tradisional Shalawatan Samanan di Dusun Jolosutra Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah ketua dan seniman kesenian tradisional Shalawatan Samanan serta perangkat Dusun Jolosutra. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif-kualitatif. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber yaitu melakukan pengecekan data dari sumber-sumber yang berbeda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : Kesenian tradisional Shalawatan Samanan di Dusun Jolosutra berdiri pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono ke V yaitu antara tahun 1823-1855. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab. Kesenian ini pada mulanya berfungsi sebagai salah satu rangkaian perayaan Maulid Nabi, sekarang kesenian Shalawatan Samanan ini berkembang fungsinya sebagai perayaan acara hajatan masyarakat setempat, antara lain khitanan, ruwatan, selapan bayi ataupun acara syukuran. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga eksistensi kesenian Shalawatan Samanan tersebut agar tetap hidup di kalangan masyarakat, terutama masyarakat di Dusun Jolosutra Desa Srimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul Yogyakarta. Langkah lainnya sebagai upaya untuk menjaga eksistensi kesenian ini adalah dengan memunculkan generasi baru, dengan memberikan materi-materi kesenian tradisional Shalawatan Samanan kepada masyarakat yang lebih muda sehingga kesenian ini masih tetap tumbuh dan berkembang hingga sekarang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: eksistensi, kesenian tradisional Shalawatan Samanan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 06:56
Last Modified: 29 Jan 2019 23:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20147

Actions (login required)

View Item View Item