Pristiyani, Valentina Ika (2013) PERBEDAAN METODE PICTURE AND PICTURE DAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPS PADA SISWA SMP NEGERI 2 SEWON TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
1. Halaman Depan IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Published Version Download (662kB) |
|
Other (FIS Digital)
8. Abstrak IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Published Version Download (69kB) |
|
Other (FIS Digital)
2. BAB I IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Published Version Download (57kB) |
|
Other (FIS Digital)
3. BAB II IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Published Version Download (174kB) |
|
Other (FIS Digital)
4. BAB III IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Published Version Download (258kB) |
|
Other (FIS Digital)
5. BAB IV IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Other (FIS Digital)
6. BAB V IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (69kB) |
|
Other (FIS Digital)
7. LAMPIRAN IPS 09416241047 Valentina Ika Pristiyani.swf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon terdapat permasalahan, yaitu rendahnya motivasi dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode picture and picture dan metode ceramah dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk pretest posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Dalam penelitian ini terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan metode picture and picture dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode picture and picture lebih meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan metode ceramah. Perbedaan tersebut ditunjukkan dari hasil uji-t untuk motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (2.433 > 2.008). Sedangkan uji-t untuk aktivitas belajar siswa diperoleh nilai thitung > ttabel (2.653 > 2.008). Selain itu perbedaan yang signifikan dapat dilihat dari nilai persentase angket motivasi belajar kelas eksperimen sebesar 77%, sedangkan kelas kontrol sebesar 72%. Kemudian dari nilai persentase angket aktivitas belajar kelas eksperimen sebesar 76%, sedangkan kelas kontrol sebesar 72%. Berdasarkan data di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode picture and picture dan metode ceramah dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: Metode Picture and Picture, Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Belajar IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 04:48 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 23:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20123 |
Actions (login required)
View Item |