NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KESENIAN ANTAN DELAPAN DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN

Novita, Dien (2014) NILAI-NILAI SOSIAL DALAM KESENIAN ANTAN DELAPAN DI DESA PENYANDINGAN KECAMATAN TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dien Novita 10209241009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam kesenian Antan Delapan Di Desa Penyandingan Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim Provinsi Sumatera Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah para seniman kesenian Antan Delapan, masyarakat, dan tokoh masyarakat Desa Penyandingan. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang telah dikumpulkan, kemudian dilakukan analisis data dengan tahapan: reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan. Guna memperoleh data yang valid, dilakukan uji keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan, maka penelitian ini memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Kesenian Antan Delapan tercipta sekitar tahun 1900. Kesenian ini tercipta karena kebiasaan masyarakat menumbuk padi atau kopi mengunakan alat yang bernama Antan dan Lesung setiap musim panen selesai. Antan dan Lesung memiliki arti, antan artinya keperkasaan dan lesung adalah simbol keanggunan. Antan dan Lesung adalah pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu kesenian Antan Delapan dimainkan oleh perempuan dan laki-laki yang saling berpasangan yang melambangkan Antan dan Lesung. (2) Kesenian Antan Delapan memiliki berbagai fungsi dalam kehidupan masyarakat: antara lain berfungsi sebagai hiburan, media komunikasi, dan sebagai wadah kegiatan pemuda (3) Kesenian Antan Delapan memiliki nilai-nilai sosial yang sangat erat kaitannya dengan fungsi dalam masyarakat. Nilai-nilai sosial tersebut adalah; a) nilai kebersamaan/kegotongroyongan, b) nilai hiburan, c) nilai ekonomi, d) nilai komunikasi, e) nilai estetika, f) nilai pendidikan g) nilai toleransi, h) nilai kepedulian, dan i) nilai sopan santun.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial, Kesenian Antan Delapan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 08 Jun 2015 04:03
Last Modified: 29 Jan 2019 23:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20117

Actions (login required)

View Item View Item