GAME EDUKASI ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Deti, Lestiyorini (2015) GAME EDUKASI ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Deti Lestiyorini 08520241037.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

GAME EDUKASI ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh : Deti lestiyorini Nim. 08520241037 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi ular tangga pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar dengan materi operasi bilangan bulat. Pembelajaran dengan game edukasi merupakan pembelajaran melalui perbuatan nyata sehingga konsep abstrak matematika yang diberikan menjadi lebih kontekstual dan dapat mengendap di memori siswa. Game ini diharapkan mampu menambah motivasi siswa belajar mengerjakan soal-soal materi operasi bilangan bulat dan membantu siswa belajar mandiri. Perancangan game edukasi ular tangga ini mengggunakan metode Research and Development yang terdiri dari 8 tahap yaitu tahapan analisis terhadap kebutuhan, pengumpulan objek perancangan media, mengembangkan produk awal, validasi ahli, revisi desain, uji coba, revisi dan produksi. Game dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8. Pengujian game edukasi ini dilakukan dengan metode white box testing dan black box testing. Kelayakan dinilai oleh tim ahli media, tim ahli materi dan siswa. Penelitian dilaksanakan di SD N 2 Wijirejo dengan melibatkan 40 orang siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan angket skala likert. Hasil white box testing menunjukkan bahwa simpul telah dieksekusi minimal satu kali dan dikerjakan sesuai dengan batasannya. Hasil pengujian dengan metode black box testing menunjukan masing-masing fungsi tombol berlaku sesuai dengan tujuannya. Hasil penilaian ahli media atau alfa testing mendapat nilai rata-rata 4.02 dengan kategori baik. Hasil penilaian ahli materi atau alfa testing mendapatkan nilai rata-rata 4.07 dengan kategori baik. Pengujian produk awal atau beta testing mendapat nilai rata-rata 4.2 dengan kategori baik. Pengujian lapangan atau beta testing mendapatkan nilai rata-rata 4.16 dengan kategori baik. Hasil pengujian secara keseluruhan menunjukkan bahwa game edukasi ular tangga pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar layak untuk digunakan. Kata kunci: Game Edukasi, Ular Tangga, Matematika Sekolah Dasar�

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 05 Jun 2015 03:43
Last Modified: 29 Jan 2019 23:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item