KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SUKASARI KECAMATAN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI

SUSENO, YAYUK (2013) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS SUKASARI KECAMATAN SERANG BARU KABUPATEN BEKASI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1.HALAMAN DEPAN PKN 08401241024 YAYUK SUSENO.swf - Published Version

Download (1MB)
[img] Other (FIS Digital)
2.BAB I PKN 08401241024 YAYUK SUSENO.swf - Published Version

Download (86kB)
[img] Other (FIS Digital)
3.BAB II PKN 08401241024 YAYUK SUSENO.swf - Published Version

Download (198kB)
[img] Other (FIS Digital)
4.BAB III PKN 08401241024 YAYUK SUSENO.swf - Published Version

Download (63kB)
[img] Other (FIS Digital)
5.BAB IV PKN 08401241024 YAYUK SUSENO.swf - Published Version

Download (193kB)
[img] Other (FIS Digital)
6.BAB V PKN 08401241024 YAYUK SUSENO.swf - Published Version

Download (61kB)
[img] Other (FIS Digital)
7.LAMPIRAN PKN 08401241024 YAYUK SUSENO.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Sukasari Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi, 2) kendala yang dihadapi puskesmas sukasari dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas di Puskesmas Sukasari Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ditentukan dengan purposive. Subjek penelitian adalah Kepala Puskesmas, petugas medis dan non medis, pengguna jasa Puskesmas Sukasari. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu mengecek kebenaran data dengan membandingkan antar sumber data. Analisis data yang dilakukan dengan cara analisis induktif yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas Sukasari Serang Baru Kabupaten Bekasi secara garis besar sudah cukup baik, hal ini dapat dilihat dari prosedur pelayanan, sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan serta sarana dan prasarana yang mendukung dalam pelayanan kesehatan. Untuk Prosedur pelayanan kesehatan sudah ada pada protap (prosedur tetap) dan prosedur yang dilalui untuk memperoleh pelayanan kesehatan cukup sederhana dan tidak berbelit-belit serta persyaratannya mudah bagi masyarakat. Pelayanan petugas kesehatan cukup memuaskan yang tercermin dari kemudahan, kesopanan, keramahan, penampilan, ketanggapan, kedisiplinan dan tanggung jawab dalam pelaksanaan tugas sehari-hari serta daya tanggap terhadap keluhan masyarakat. Sarana dan prasarana penunjang di Puskesmas Sukasari juga sudah cukup memadai meliputi tempat parkir yang relatif luas, balai pengobatan dengan peralatannya, dan kantor administrasi dengan peralatannya, kamar kecil dan sarana maupun prasarana lain seperti papan petunjuk arah. 2) Kendala yang dihadapi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Sukasari Serang Baru Kabupaten Bekasi secara garis besar terdiri dari faktor dari dalam dan faktor dari luar Puskesmas. Faktor dari dalam seperti kinerja petugas yang sifatnya situasional, sedangkan faktor dari luar seperti kondisi jalan yang sering macet, kadang pasien yang kurang sabar, serta kurangnya partisipasi masyarakat akan pelaksanaan program pelayanan kesehatan. Kata kunci: Kualitas pelayanan; kepuasan pengguna jasa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 03 Jun 2015 07:19
Last Modified: 29 Jan 2019 23:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19874

Actions (login required)

View Item View Item