EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2007 PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU ALAM SMA NEGERI 2 REMBANG

Annisa, Kharisma Wahdah (2015) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2007 PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU ALAM SMA NEGERI 2 REMBANG. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Annisa Kharisma Wahdah 08520241025.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MICROSOFT EXCEL 2007 PADA SISWA KELAS XI JURUSAN ILMU ALAM SMA NEGERI 2 REMBANG Oleh : Annisa Kharisma Wahdah 08520241025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas model Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar Microsoft Excel 2007 siswa kelas XI jurusan ilmu alam di SMA Negeri 2 Rembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas XI IA 2 dan XI IA 3 SMA Negeri 2 Rembang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas model Problem Based Learning dan model pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya yaitu menggunakan Independent Sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa efektivitas model Problem Based Learning memiliki indeks normalized gain sebesar 0,55; efektivitas model pembelajaran konvensional memiliki indeks normalized gain sebesar 0,39 dan masuk pada kriteria yang sama yaitu pada kriteria efektivitas yang sedang tetapi jika dihitung berdasarkan nilai gain, peningkatan hasil belajar dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji t dari nilai Gain diperoleh thitung > ttabel (2,865 > 1,669) dengan nilai p= 0,006 atau p < 0,05. Kata kunci: model pembelajaran, Problem Based Learning, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 03 Jun 2015 04:01
Last Modified: 29 Jan 2019 23:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19835

Actions (login required)

View Item View Item