PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WAYANG SEBAGAI PENDUKUNG PROGRAM KEAHLIAN SENI PEDALANGAN MATERI SILSILAH TOKOH WAYANG MAHABARATA BERBASIS WEB

Laksana, Novianto Yudha (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WAYANG SEBAGAI PENDUKUNG PROGRAM KEAHLIAN SENI PEDALANGAN MATERI SILSILAH TOKOH WAYANG MAHABARATA BERBASIS WEB. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Novianto Yudha - 08520244068.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif wayang berbasis web dengan pokok materi silsilah tokoh wayang mahabarata pada mata diklat seni pedalangan SMK Negeri 1 Kasihan Bantul dan mengetahui tingkat kualitas media pembelajaran tersebut ditinjau dari sisi media pembelajaran dan sisi perangkat lunak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). proses pengembangan media pembelajaran interaktif ini terdiri dari beberapa tahap, antara lain: 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap desain, 3) tahap implementasi dan 4) tahap pengujian. Pengujian dilakukan dengan dua tahap yaitu alpha testing terdiri dari pengujian functionality, pengujian effciency, pengujian maintainability dan pengujian portability, serta tahap beta testing yang dilakukan dengan skala besar dan sepenuhnya dilakukan oleh siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kasihan Bantul dengan melibatkan 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, data diperoleh kemudia dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif, yaitu mengubah data hasil rata-rata perhitungan ke dalam interval skor penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif wayang berbasis web mempunyai tingkat kualitas sebesar 77,27% hasil penilaian ahli media dan 79,53% pada uji lapangan yang dilakukan siswa dengan kategori sangat layak. Selain itu tingkat kualitas functionality mempunyai kategori cukup baik dengan 94,67% fungsi yang dibutuhkan sudah berfungsi. Namun tingkat kualitas efficiency media pembelajaran berada pada kategori cukup rendah, yaitu dengan rata-rata 77% hasil penilaian YSlow dan 55% hasil penilaian Google Speed. Sedangkan dari sisi maintainability, kualitas media pembelajaran sudah baik. Hal ini ditinjau dari implementasi program yang menggunakan konsep MVC sehingga media lebih mudah dalam proses pemeliharaan dan pengembangan. Hasil pengujian pada beberapa browser, media pembelajaran dapat berjalan dengan baik tanpa ditemukan kesalahan, sehingga tingkat kualitas dari sisi portability sudah baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ratna Wardani
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif, R&D, silsilah tokoh wayang, web
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika dan Informatika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 03 Jun 2015 01:36
Last Modified: 29 Jan 2019 23:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19804

Actions (login required)

View Item View Item