IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, KERJA SAMA DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA DIKLAT IPPK KELAS X TKJ SMK N 2 YOGYAKARTA

Andri, Kurniawan (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, KERJA SAMA DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA DIKLAT IPPK KELAS X TKJ SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Andri Tri 08501244022.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN, KERJA SAMA DAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA DIKLAT IPPK KELAS X TKJ 2 SMK N 2 YOGYAKARTA Oleh Andri Kurniawan NIM. 09520244022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dalam meningkatkan keaktifan, kerja sama dan pemahaman siswa pada mata diklat Instalasi Perbaikan dan Perawatan Komputer (IPPK) kelas X TKJ 2 SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dimaksudkan untuk mengatasi permasalahan yang ada di kelas dengan memanfaatkan tindakan nyata kemudian melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan), observation (pengamatan) dan reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 2 di SMK N 2 Yogyakarta sebanyak 36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada mata diklat IPPK dapat meningkatkan keaktifan, kerja sama dan pemahaman siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus 1 sebesar 70,41% mengalami peningkatan menjadi 81,11% pada siklus 2. Kerja sama siswa dari siklus 1 sebesar 66,11% mengalami peningkatan menjadi 78,61% pada siklus 2. Pemahaman siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus 1 77,91 dan meningkat pada siklus 2 rata-rata kelas yaitu 80,69. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, Number Head Together, IPPK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:47
Last Modified: 29 Jan 2019 23:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19727

Actions (login required)

View Item View Item