PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM “TANDUR” DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATUR BANJARNEGARA

Setiawan, Afza Afgani (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM “TANDUR” DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATUR BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
1 HALAMAN DEPAN Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (2MB)
[img] Other (FIS Digital)
2 ABSTRAK Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (45kB)
[img] Other (FIS Digital)
3 BAB I PENDAHULUAN Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (81kB)
[img] Other (FIS Digital)
4 BAB II KAJIAN TEORI Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (340kB)
[img] Other (FIS Digital)
5 BAB III METODE PENELITIAN Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (168kB)
[img] Other (FIS Digital)
6 BAB IV PEMBAHASAN Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (896kB)
[img] Other (FIS Digital)
7 BAB V KESIMPULAN Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (56kB)
[img] Other (FIS Digital)
8 LAMPIRAN Geo 09405241052 Afza Afgani Setiawan.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Geografi menggunakan model pembelajaran Quantum “TANDUR” dan model pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batur Banjarnegara. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan bentuk The Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang meliputi kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Quantum “TANDUR” sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, pedoman observasi, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus product moment dan alpha cronbach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t (independent sample t test) dengan menggunakan program SPSS 16.00 pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Geografi antara penerapan model pembelajaran Quantum “TANDUR” dan model pembelajaran konvensional, hal ini dibuktikan dari nilai hasil belajar rata-rata post test kelas eksperimen sebesar 81,40 dengan nilai tertinggi 93,3 dan terendah 73,3, sedangkan nilai hasil belajar rata-rata post test kelas kontrol sebesar 67,41 dengan nilai tertinggi 76,7 dan terendah 56,7. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar post test (t-hitung sebesar 7.255 dengan p = 0.000 < 0.05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Geografi siswa kelas XI IPS 1 yang menerapakan model pembelajaran Quantum “TANDUR” dengan siswa kelas XI IPS 2 yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Quantum, Konvensional, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 28 May 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 22:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19627

Actions (login required)

View Item View Item