POTENSI SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMITRAAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Isnaniah, Nur Utami (2014) POTENSI SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KEMITRAAN DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
isnaniah nur utami_10110244002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Potensi sekolah dalam mengembangkan kemitraan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; 2) Aktualisasi dari potensi yang dimiliki sekolah dalam mengembangkan kemitraan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang humas, pendidik, peserta didik, dan mitra sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji menggunakan metode triangulasi sumber dan teknik dengan membandingkan data yang diperoleh dengan beberapa sumber dan teknik yang berbeda kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Potensi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta terbagi dalam 4 komponen yaitu: a) individu berupa kepala sekolah dan pendidik memiliki kualifikasi pendidikan yang relevan, memiliki kemampuan melakukan loby-loby, mampu membaca peluang dunia kerja, memiliki attitude dan komitmen yang baik, peserta didik memiliki kemampuan menguasai pelajaran dan disiplin, dan karyawan memiliki kemampuan dalam membuat nota kesepakatan; b) struktural berupa kejelasan visi, misi, dan tata tertib sekolah; c) budaya sekolah berupa komitmen, kedisiplinan, ketekunan, dan kesopanan; d) sarana prasarana berupa lingkungan yang ideal dan hotspot area, sarana prasarana yang sudah lengkap, dan pemanfaatan sarana prasarana yang optimal. Potensi dalam mengembangkan kemitraan berupa: potensi komunikasi, potensi sosial, potensi sarana prasarana, dan potensi akademik. 2) Aktualisasi dari potensi sekolah terwujud dalam 6 bentuk kemitraan yaitu: a) Sekolah dan TNI POLRI adalah wujud dari potensi komunikasi; b) Sekolah dan komite adalah wujud dari potensi komunikasi, potensi sarana prasarana, dan potensi sosial; c) Sekolah dan masyarakat adalah wujud dari potensi komunikasi dan potensi sosial; d) Sekolah dan lembaga adalah wujud dari potensi akademik, potensi komunikasi, dan potensi sosial; e) Sekolah dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) adalah wujud dari potensi akademik, potensi komunikasi, potensi sosial, dan potensi sarana prasarana; (f) Sekolah dan alumni adalah wujud dari potensi sosial. Kata kunci: potensi, kemitraan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 28 May 2015 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 22:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19564

Actions (login required)

View Item View Item