APLIKASI JAVA REMOTE METHOD INVOCATION Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Teknik PROGRAM STUDI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA REMOTE AND MONITORING BERBASIS (RMI)

AGUS, SETIAWAN (2015) APLIKASI JAVA REMOTE METHOD INVOCATION Guna Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Teknik PROGRAM STUDI PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA REMOTE AND MONITORING BERBASIS (RMI). S1 thesis, U N Y.

[img]
Preview
Text
Agus Setiawan 07520244054.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

APLIKASI REMOTE AND MONITORING BERBASIS JAVA REMOTE METHOD INVOCATION (RMI) Oleh Agus Setiawan NIM. 07520244054 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi Remote and Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation(RMI). Perangkat lunak aplikasi ini dapat dimanfaatkan sebagai pengendalian dan pengawasan jarak jauh pada komputer yang terhubung jaringan yang tidak terbatas sistem operasi yang dipakai. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak berorientasi objek dan dipadukan dengan model proses perangkat lunak waterfall yang melalui 4 tahapan. Tahapan pertama, analisis kebutuhan, obeservasi terhadap aplikasi remote system yang sudah ada, dan studi literatur. Tahapan kedua, desain sistem meliputi use case diagram yang menggambarkan kegiatan actor terhadap aplikasi dan sequence diagram menggambarkan urutan eksekusi aplikasi. Tahapan ketiga, pengkodean meliputi, implementasi pengkodean dari desain sequence diagram dan pengujian unit atau lebih sering disebut white-box testing. Tahapan keempat, Pengujian terintegrasi meliputi pengujian black-box, pengujian alpha yang nantinya akan digunakan untuk mengetahui unjuk kerja aplikasi, dan pengujian beta terhadap pengguna Focus Group Discussion Digital Networks and Multimedia PUSKOM UNY. Berdasarkan hasil pengujian perangkat lunak Aplikasi Remote and Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation(RMI) menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan aplikasi Remote and Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation melalui tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean dan pengujian. 2) Unjuk kerja Aplikasi Remote and Monitoring berbasis Java Remote and Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation memiliki unjuk kerja yang baik semua system yang diujikan dapat berjalan dan bekerja sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. 3) Kelayakan aplikasi Remote and Monitoring berbasis Java Remote Method Invocation dari segi usability adalah sangat layak dengan persentase 82,14%. Kata kunci: aplikasi, remote and monitoring, remote system, pengendalia jarak jauh, java, remote method invocation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Dwi Surtiawan
Date Deposited: 27 May 2015 00:05
Last Modified: 29 Jan 2019 22:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19463

Actions (login required)

View Item View Item