KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA SCHLANGEN UND LEITERN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN KELAS X SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG

Amalia, Shinta (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA SCHLANGEN UND LEITERN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN KELAS X SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Shinta Amalia 10203244021.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media Schlangen und Leitern dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di kelas X SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan sampel random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 peserta didik kelas X 1 sebagai kelas eksperimen dan sebanyak 30 peserta didik kelas X 3 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dari skor pre-test dan post-test keterampilan berbicara bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR.20. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji t. Hasil penelitian menunjukkan t hitung sebesar 2,276 lebih besar dari pada t tabel sebesar 2,001, pada taraf signifikansi α = 0,05 dan db sebesar 58. Bobot keefektifan 9,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Schlangen und Leitern efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta diidk kelas X SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: schlangen und leitern, berbicara, sma n 1 candiroto
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19125

Actions (login required)

View Item View Item