KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Wulansari, Eva (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eva Wulansari 09203244020.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman antara peserta didik kelas XII SMA N 1 Sedayu Bantul yang diajar menggunakan media flashcard dan peserta didik yang diajar menggunakan media konvensional, (2) keefektifan penggunaan media flashcard dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 125 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan diperoleh kelas XII IPA 4 (25 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 3 (25 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data penelitian diambil melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan hasil xy= 0,829. Analisis data menggunakan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,012 lebih besar daripada ttabel sebesar 2,009 dengan db 48 pada taraf signifikansi α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman yang signifikan peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan media flashcard dan yang diajar menggunakan media konvensional. Gain skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 3,260 dengan bobot keefektifan 9,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif daripada menggunakan media konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: flashcard, menulis, sma negeri 1 sedayu
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:13
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19117

Actions (login required)

View Item View Item