UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO MELALUI METODE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT)

Setiawati, Ervina Rahayu (2014) UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN DI SMA NEGERI 2 PURWOREJO MELALUI METODE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ervina Rahayu Setiawati 09203244014.pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XII IPA 4 dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 2 Purworejo melalui metode Teams-Games-Tournaments (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA 4 SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Teams-Games- Tournaments (TGT) dapat meningkatkan keaktifan peserta didik kelas XII IPA 4 dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman di SMA Negeri 2 Purworejo. Peningkatan keaktifan peserta didik terlihat dari kenaikan persentase setiap indikator keaktifan dan rata-rata nilai peserta didik. Peserta didik mengajukan pertanyaan baik kepada guru maupun forum diskusi pada siklus I mencapai 77,94% dan pada siklus II naik menjadi 92,64%. Peserta didik mengemukakan pendapat atau saran pada saat diskusi pada siklus I mencapai 76,47% dan pada siklus II naik menjadi 88,23%. Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II naik menjadi 86,76%. Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan guru pada siklus I mencapai 72,05% dan pada siklus II naik menjadi 91,17%. Rata-rata keaktifan peserta didik pada siklus I mencapai 75,36% dan pada siklus II naik menjadi 89,70%. Peningkatan tersebut juga didukung dengan meningkatnya rata-rata nilai peserta didik pada siklus I yang mencapai 76 dan pada siklus II naik menjadi 79. Dengan demikian, indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode Teams-Games-Tournaments (TGT), Keaktifan Peserta Didik
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 02:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item