KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK FISHBONE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN KELAS XI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Pertiwi, Addien Yudhie (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK FISHBONE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN KELAS XI SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Addien Yudhie Pertiwi 10203241003.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah ada perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta yang diajar menggunakan teknik Fishbone dengan yang diajar menggunakan teknik konvensional, (2) apakah teknik Fishbone dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian preand post-test control group. Variabel dalam penelitian ini adalah teknik Fishbone sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta sebanyak 232 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 3 (29 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 (30 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes keterampilan membaca bahasa Jerman. Uji validitas menggunakan uji validitas isi, uji validitas konstruk, dan validitas butir soal. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa sebanyak 34 soal valid dan 6 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20, dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,932. Data dianalisisis menggunakan uji t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 4,436, lebih besar dari ttabel 2,009 dengan taraf signifikansi α=0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Bobot keefektifannya adalah 8,6%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 30,759 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 28,733. Hal tersebut menunjukkan nilai kelas eksperimen lebih baik daripada nilai kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa di kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta (1) terdapat perbedaan yang positif dan signifikan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara yang diajar menggunakan teknik Fishbone dengan yang diajar menggunakan teknik konvensional, dan (2) teknik Fishbone dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan teknik konvensional. Implikasi dari penelitian ini yaitu teknik Fishbone dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: fishbone, membaca, sma negeri 7 yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 21 May 2015 01:50
Last Modified: 29 Jan 2019 22:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19106

Actions (login required)

View Item View Item