MINAT KONSUMEN PADA GARAGE SALE DI YOGYAKARTA (Studi Kualitatif Deskriptif tentang Faktor Minat Konsumen Garage Sale)

Wirawan, Gerardus (2015) MINAT KONSUMEN PADA GARAGE SALE DI YOGYAKARTA (Studi Kualitatif Deskriptif tentang Faktor Minat Konsumen Garage Sale). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
GerardusMajellaAdityaWirawan_09408141039.pdf

Download (39MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat konsumen pada kegiatan garage sale khususnya di daerah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria: 1) Informan pernah mendatangi kegiatan garage sale; 2) Informan mempunyai produk yang dibeli di garage sale; 3) Berusia 18 tahun keatas. Informan pada penelitian ini berjumlah tiga orang. Secara lebih spesifik, ketiga informan konsumen garage sale yang dipilih dalam penelitian ini adalah informan yang memiliki jumlah frekuensi kunjungan ke garage sale yang berbeda, hal itu dimaksudkan agar informan mempunyai sudut pandang dan keunikan tersendiri. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode perbandingan tetap atau constant comparative method. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa garage sale memiliki dua hal utama yang dapat mempengaruhi minat konsumen yaitu produk yang dijual di garage sale itu sendiri dan juga event yang merupakan bentuk dari garage sale secara keseluruhan. Produk merupakan faktor dari barang yang diperjualbelikan di garage sale, yaitu meliputi jenis produk, kualitas produk, keunikan dan juga harga. Sedangkan faktor lainnya adalah event yang merupakan bentuk kemasan dari suatu garage sale. Dimana event tersebut meliputi tempat, informasi, kegiatan dan atmosfer, serta penyelenggara dan tenant.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 22 May 2015 00:26
Last Modified: 29 Jan 2019 22:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19094

Actions (login required)

View Item View Item