PENGEMBANGAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM LAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Baihaqi, Indriatmoko (2015) PENGEMBANGAN BALANCED SCORECARD UNTUK PENGUKURAN KINERJA ORGANISASI BERDASARKAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DALAM LAYANAN AKADEMIK DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab iv.pdf

Download (879kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Baihaqi Indriatmoko NIM : 10501244018 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) analisis kebutuhan pengukuran kinerja organisasi menggunakan Balanced Scorecard di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (FT UNY), (2) rancangan model Balanced Scorecard untuk pengukuran kinerja organisasi di FT UNY, dan (3) kinerja FT UNY berdasarkan model Balanced Scorecard dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Sumber data penelitian ini sebanyak 180 mahasiswa FT UNY. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan menafsirkan hasil pengukuran menggunakan distribusi normal baik ideal maupun empiris dengan kategorisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) diperlukannya sistem pengukuran kinerja yang handal, komprehensif, koheren, terukur, dan berimbang di FT UNY, seperti pengukuran kinerja menggunakan model Balanced Scorecard, (2) tahapan desain rancangan kerangka kerja model Balanced Scorecard meliputi: penyelarasan strategik, pengelompokan strategik, penjaringan strategik, dan kartu penilaian, dengan hasil akhir berupa peta strategik FT UNY dan kartu penilaian FT UNY, (3) kinerja FT UNY berdasarkan model Balanced Scorecard dilihat dari tingkat kepuasan mahasiswa dalam layanan akademik sudah baik. Kata kunci: kinerja, pengukuran kinerja, balanced scorecard, kepuasan mahasiswa, dan layanan akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Elektro FT
Date Deposited: 20 May 2015 06:24
Last Modified: 29 Jan 2019 22:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19074

Actions (login required)

View Item View Item