Pengembangan Blog Sebagai Sumber Belajar IPS Materi Perubahan Kehidupan Masyarakat Pada Masa Hindu-Budha Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs

Arba’atun, Umi (2014) Pengembangan Blog Sebagai Sumber Belajar IPS Materi Perubahan Kehidupan Masyarakat Pada Masa Hindu-Budha Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full IPS 10416244019.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui cara mengembangkan blog, 2) Mengetahui kelayakan blog sebagai sumber belajar IPS berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru, serta tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) yang mengacu pada prosedur pengembangan dari Borg dan Gall. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 9 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berupa lembar validasi untuk validator dan angket penilaian untuk tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Cara mengembangkan blog dilakukan dengan empat tahapan penelitian yaitu a) pengumpulan informasi, b) perencanaan, c) pengembangan bentuk awal produk (desain produk), serta d) uji lapangan dan revisi produk akhir dalam tahap ini produk blog sebagai sumber belajar IPS divalidasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian dilakukan revisi tahap I, selanjutnya divalidasi oleh Guru IPS, kemudian dilakukan revisi tahap II. setelah revisi tahap II, kemudian dilakukan uji coba lapangan 2) Blog sebagai sumber belajar IPS dinyatakan layak dengan hasil validasi sebagai berikut; a) ahli materi sebesar 4,1 dengan kategori Baik; b) ahli media sebesar 4,62 dengan kategori Sangat Baik; c) guru IPS sebesar 3,97 dengan kategori Baik; d) tanggapan siswa sebesar 3,89 dengan kategori Baik. Kata Kunci: Blog, Sumber Belajar, IPS, Perubahan Kehidupan Masyarakat pada Masa Hindu-Budha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 20 May 2015 04:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19037

Actions (login required)

View Item View Item