UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL MELALUI TEKNIK CONCEPT SENTENCE

Wibiesasmita, Anglingkesuma (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL MELALUI TEKNIK CONCEPT SENTENCE. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anglingkesuma Wibiesasmita 10203241004.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) keaktifan peserta didik dalam belajar bahasa Jerman, (2) prestasi keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul melalui teknik Concept Sentence. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Teknik yang diterapkan ditentukan bersama secara kolaboratif antara peneliti, guru, dan peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Banguntapan Bantul. Penelitian ini terdiri atas dua kali siklus yang masing-masing siklusnya 4 kali pertemuan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) keberhasilan proses dan (2) keberhasilan produk. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Jerman. Keberhasilan produk dilihat dari peningkatan prestasi keterampilan menulis bahasa Jerman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang sesuai dengan indikator keberhasilan, yaitu keberhasilan proses meningkatnya keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran bahasa Jerman. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam bertanya kepada guru maupun ke sesama peserta didik. Keberhasilan produk dilihat dari kenaikan nilai rata-rata keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik. Kenaikan nilai tersebut sebesar 14,32% yaitu dari 72,8 sebelum diberi tindakan menjadi 83,23 setelah dilaksanakannya tindakan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis, concept sentence, sma negeri 1 banguntapan bantul
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 03:40
Last Modified: 29 Jan 2019 22:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18984

Actions (login required)

View Item View Item