KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN

Sejati, Vembriastuti Eko (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vembriastuti Eko Sejati 10203241036.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Klaten antara yang diajar dengan menggunakan teknik Make a Match dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik Make a Match dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test and post-test control group design. Penelitian ini memiliki 2 variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Teknik Make a Match sebagai variabel bebas dan keterampilan membaca bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Klaten sebanyak 178 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 1 (26 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 (25 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian diperoleh dari skor keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji validitas dihitung dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 50 soal sebanyak 40 soal valid dan 10 soal dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus K-R 20 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,955. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan thitung 3,578 lebih besar dari ttabel 2,009 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifan adalah sebesar 8,13%. Skor rata-rata akhir kelas ekperimen sebesar 27,250 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 26,300. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik Make a Match efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: make a match, membaca, sma negeri 2 klaten
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:41
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18937

Actions (login required)

View Item View Item