KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL

Pramitasari, Septi (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septi Pramitasari 09203244017.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul yang diajar menggunakan teknik Two Stay Two Stray dan peserta didik yang diajar menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik Two Stay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam Penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dan diperoleh kelas XI IPS 5 (34 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 (32 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data penelitian diambil melalui tes keterampilan membaca bahasa Jerman. Uji validitas dihitung dengan rumus Korelasi Product Moment. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 40 soal sebanyak 36 soal valid dan 4 dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR- 20, dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,928. Analisis Data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,361 lebih besar daripada ttabel sebesar 1,997 dengan db 64 pada taraf signifikansi α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman yang signifikan peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Sedayu Bantul antara yang diajar menggunakan teknik Two Stay Two Stray dan yang diajar menggunakan teknik konvensional. Gain skor antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 1,054 dengan bobot keefektifan 9,1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Two Stay Two Stray dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman lebih efektif daripada menggunakan teknik konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: two stay two stray, membaca, sma negeri 1 sedayu
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 02:38
Last Modified: 29 Jan 2019 22:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18936

Actions (login required)

View Item View Item