KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK ASOSIOGRAM DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHAS JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK

Guntari, Eny (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK ASOSIOGRAM DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHAS JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 NGEMPLAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eny Guntari 10203241015.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman antara yang diajar dengan menggunakan teknik asosiogram dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, (2) keefektifan penggunaan teknik asosiogram dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah pre-test dan post-test control group design. Penelitian ini memiliki 2 variabel yaitu teknik asosiogram sebagai variabel bebas, dan keterampilan menulis bahasa Jerman sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman sebanyak 123 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPS 2 (31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 (31 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data menggunakan uji-t menunjukkan thitung 3,348 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 8,25%. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 77,84 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 72,10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik asosiogram efektif dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: asosiogram, menulis, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:38
Last Modified: 29 Jan 2019 22:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18898

Actions (login required)

View Item View Item