KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PENGASIH KULON PROGO

Lestari S., Dwi Yuni (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Yuni Lestari S 10203241001.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo antara kelas yang diajar dengan menggunakan teknik Numbered Heads Together dan yang diajar dengan menggunakan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan teknik Numbered Heads Together pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment. Desain penelitian ini adalah pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo yang berjumlah 185 orang. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Kelas X 4 yang terdiri atas 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X 5 yang terdiri atas 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen dilakukan di kelas X 3 dengan 32 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari tes membaca bahasa Jerman peserta didik pada pre-test dan post-test. Validitas instrumen menggunakan validitas isi, validitas konstruk, dan validitas butir soal. Validitas dihitung dengan Product Moment Pearson. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa dari 45 soal yang diujicobakan, terdapat 40 soal valid dan 5 soal dinyatakan gugur. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung= 4,995 lebih besar dari nilai ttabel = 2,000 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dan db=62. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 35,38 lebih tinggi daripada nilai rata-rata post-test kelas kontrol sebesar 33,16. Bobot keefektifan sebesar 8,1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik Numbered Heads Together pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pengasih Kulon Progo lebih efektif daripada penggunaan teknik konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: numbered heads together, membaca, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:34
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item