KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Ichsan, Bintan Thoyyibah (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK THINK PAIR SQUARE DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bintan Thoyyibah Ichsan 10203241023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 2 Banguntapan Bantul antara yang diajar dengan teknik think pair square dan yang diajar dengan teknik konvensional, dan (2) keefektifan penggunaan teknik think pair square dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 2 Banguntapan Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Data diperoleh melalui skor keterampilan membaca bahasa Jerman pada pre-test dan post-test. Penelitian ini terdiri atas 2 variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 2 Banguntapan Bantul yang berjumlah 210 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Berdasarkan pengambilan sampel diperoleh kelas X 4 (31 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas X 6 (31 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Uji validitas menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung 4,787 > ttabel 2,000 pada taraf signifikansi α 0,05 dan db sebesar 60. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot keefektifannya adalah 9,5%. Nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen adalah 31,81 lebih besar daripada kelas kontrol yakni 29,35. Hal ini menunjukkan bahwa nilai peserta didik kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai peserta didik kelas kontrol. Dengan demikian penggunaan teknik think pair square lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: think pair square, membaca, sma
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 20 May 2015 01:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18891

Actions (login required)

View Item View Item