Yuliyanto, Edi (2014) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEMBACA KARYA SASTRA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS XI SMAN SE-KECAMATAN NGAGLIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Edi Yuliyanto 07201244033.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan tingkat kebiasaan membaca karya sastra (2) mendekripsikan tingkat keterampilan menulis siswa (3) menguji hubungan antara kebiasaan membaca karya sastra dengan keterampilan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 7 kelas XI SMAN 1 Ngaglik dan 10 kelas dari SMAN 2 Ngaglik. Jumlah siswa secara keseluruhan yaitu 472. Pengambilan sampel dari setiap sekolah digunakan teknik Simple Random Sampling yang mempunyai pengertian sebagai suatu teknik pengambilan sampel secara acak (random) untuk menghindari “bias” dari peneliti. Teknik simple random sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik undian. Setelah melalui proses pengambilan sampel, diperoleh kelas XI IPA 3 di SMAN 1 Ngaglik dan XI IPA 1 di SMAN 2 Ngaglik. Berdasarkan analisis data kebiasaan membaca karya sastra siswa kelas XI SMAN se- Kecamatan Ngaglik dapt disimpulkan: (1) tidak ada siswa yang berada dalam kategori baik sekali, siswa yang berada dalam kategori baik sebanyak 19 siswa (32%), 18 siswa (30%) bearada dalam kategori cukup baik, 21 siswa (35%) berada dalam kategori kurang baik, dan 2 siswa (3%) berada dalam kategori tidak baik.(2) keterampilan menulis puisi siswa kelas XI SMAN se-Kecamatan Ngaglik dapat diperoleh informasi bahwa yang berada dalam kategori baik sekali sebanyak 3 siswa (5%), 15 siswa (25%) siswa yang berada dalam kategori baik, 24 siswa (40%) berada dalam kategori cukup baik, 14 siswa (23%) berada dalam kategori kurang baik, dan 4 siswa (7%) berada dalam kategori tidak baik. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan mebaca karya sastra dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas XI SMAN se-Kecamatan Ngaglik. Hal ini terbukti dari hasil uji korelasi product moment SPSS 17.0 yang menunjukkan hasil rhitung (0,402) dengan n 60 dan r tabel sebesar 0,245. Data tersebut menunjukkan bahwa rhitung>rtabel = signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan ada hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca karya sastra dengan keterampilan menulis puisi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hubungan, kebiasaan membaca, menulis puisi |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 18 May 2015 02:11 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:22 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18657 |
Actions (login required)
View Item |