IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA

Luthfiana, Ana Farkhana Laila (2014) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP BUDI MULIA DUA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
halaman depan 09416241028.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 09416241028.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 09416241028.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 09416241028.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 09416241028.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 09416241028.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 09416241028.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 09416241028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta; (2) faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPSdi SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif naturalistik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2013 -Agustus2014. Informan penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru IPS, dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa:1) Implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta diawali dengan perencanaan tujuan, materi, media, metode dan evaluasi yang akan digunakanyang menghargai peserta didik karena berpusat pada peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran bersifat terbuka, demokratis, berpusat pada peserta didik yang menekankan pada kesetaraan dan keadilan peserta didik serta menghargai masing-masing individu. Metode pembelajaran yang bervariasi walaupun media yang digunakan belum bervariasi.Guru menanamkan pemahaman dan sikap multikultural terhadap keragaman. Evaluasi pembelajaran mengarah pada kognitif, efektif dan psikomotorik dengan menggunakan teknik evaluasi yang bervariasi. Namun belum menggunakan instrumen sendiri dalam menilai sikap multikultural2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPSdi SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta yaitu kurikulum, pilar karakter,sekolah damai,iklim sekolah, Student Advisor, progam dan kegiatan sekolah, sarana prasarana,basis dan metode pembelajaran serta peserta didik. Faktor penghambat dalam implementasi pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta yaitu waktu, keterbatasan materi IPS tentang keragaman, keterbatasan media tentang keragaman, belum adanya instrumen pengukuran sikap multikultural, belum adanya pendamping dan fasilitas bagi peserta didik non muslim, viii masih terdapat beberapa peserta didik yang mengejek temannya, minimnya papan-papan maupun tulisan tentang keragaman. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Multikultural, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 12 May 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 22:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18477

Actions (login required)

View Item View Item