Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SPP) IPA Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Curiosity Peserta Didik SMP N 1 Prambanan

Hayu, Wiworo retnadi rias (2015) Pengembangan Subject Specific Pedagogy (SPP) IPA Berdasarkan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Curiosity Peserta Didik SMP N 1 Prambanan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wiworo-retnadi-rias-hayu-13708251008.swf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan kelayakan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA berdasarkan Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses dan curiosity peserta didik, (2) mengetahui hasil peningkatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning yang dikembangkan, (3) mengetahui hasil peningkatan curiosity dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning yang dikembangkan, dan (4) mengetahui perbedaan keefektifan penerapan pembelajaran menggunakan Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning terhadap keterampilan proses dan curiosity. Produk yang dikembangkan berupa Subject Specific Pedagogy IPA perangkat pembelajaran yang meliputi Silabus, RPP, Materi Ajar, LKPD dan LEPD. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada langkah-langkah model prosedural yang diadaptasi dari Model Borg & Gall yang meliputi studi pendahuluan dan pengembangan, pengembangan (meliputi penyusunan SSP dan validasi, uji coba terbatas dan revisi, uji coba diperluas) dan evaluasi (meliputi penyempurnaan produk, serta diseminasi dan implementasi produk). Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli dan dua guru IPA. Uji coba terbatas dilaksanakan di kelas VIIB SMP N 1 Prambanan dengan melakukan pembelajaran dan mengujikan semua SPP yang dikemabangkan. Uji coba diperluas dilaksanakan di SMP N 1 Prambanan dengan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Subject Specific Pedagogy IPA layak digunakan dengan kategori “Sangat Baik”. (2) Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan proses. (3) Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning dapat meningkatkan curiosity. (4) Subject Specific Pedagogy IPA berdasarkan Project Based Learning efektif meningkatkan keterampilan proses dan curiosity.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: SSP, keterampilan proses sains, dan curiosity
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item View Item