PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII A TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMP N 2 SEWON

Laili, Kholishotul (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII A TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMP N 2 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
halaman depan 09.12.002 Kho p.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 09.12.002 Kho p.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 09.12.002 Kho p.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 09.12.002 Kho p.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 09.12.002 Kho p.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV 09.12.002 Kho p.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V 09.12.002 Kho p.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran2 09.12.002 Kho p.pdf

Download (667kB) | Preview

Abstract

Kreativitas siswa dalam pembelajaran IPS kurang tersalurkan sebagaimana mestinya. Salah satu upaya untuk mengatasinya dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII A SMP N 2 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).Subyek penelitian ini yakni siswa kelas VIII A yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan catatan lapangan. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis kualitatif sedangkan keabsahan data dapat dilihat dari triangulasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila rata-rata persentase indikator kreativitas siswa kelas VIII A mencapai 76% dan apabila 76% dari siswa kelas VIII A memperoleh nilai ≥75 pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan kreativitas siswa dapat ditempuh mulai dari merancang pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah hingga penerapannya dipadukan dengan pemberian penghargaan terjadi peningkatan kreativitas pada setiap aspek yang diamati. Mulai dari siklus I sampai kesiklus III yakni pada siklus I rata-rata indikator kreativitas hanya sebesar 74,07% naik menjadi 77,31% dengan aspek mencari pengalaman baru yang semula hanya dilakukan oleh 19 siswa naik menjadi 22 siswa yang melakukan di siklus ke II, dan mengalami peningkatan hingga 90,3% di siklus ke III dengan aspek berani mengambil resiko yang semula hanya dilakukan oleh 16 siswa naik menjadi 24 siswa di siklus ke III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang dikolaborasikan dengan pemberian hadiah dapat meningkatkan kreativitas siswa. Kata Kunci :Pembelajaran Berbasis Masalah, Kreativitas, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 05 May 2015 07:23
Last Modified: 29 Jan 2019 22:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item