KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012

RAHAYU, RISTRI (2012) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER 2 SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
abstrak edit jadi.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi, (2) ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran kimia menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi, apabila pengetahuan awal peserta didik dikendalikan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA semester 2 SMA Negeri 2 Temanggung tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 125 peserta didik yang terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 62 peserta didik yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan model Students Facilitator and Explaining (A1) dan kelas kontrol dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi (A2). Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian satu jalur (Anakova A), analisis regresi linier satu prediktor, dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Student Facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran yang berorientasi pada pemrosesan informasi. Ada perbedaan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Students facilitator and Explaining dengan yang mengikuti pembelajaran dengan model yang berorientasi pada pemrosesan informasi, apabila pengetahuan awal peserta didik dikendalikan dengan harga p = 0,005 (p<0,050). Ada hubungan yang positif dan tidak signifikan antara prestasi belajar kimia dengan pengetahuan awal kimia peserta didik dengam harga r2 = 0,173 dan p = 0,001 (p≤0,050). Sumbangan efektif pengetahuan awal kimia yang diberikan sebesar 17,3 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 24 Apr 2015 04:34
Last Modified: 29 Jan 2019 21:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17506

Actions (login required)

View Item View Item