KONTRIBUSI PENGUASAAN GRAMATIKA BAHASA JERMAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 SEDAYU BANTUL

Fitriani, Lia (2014) KONTRIBUSI PENGUASAAN GRAMATIKA BAHASA JERMAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Lia Fitriani 09203244015.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penguasaan gramatika bahasa Jerman terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman peserta didik kelas XI di SMA N 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas (X) berupa penguasaan gramatika bahasa Jerman dan variabel terikat (Y) berupa kemampuan membaca bahasa Jerman peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMA N 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 284 peserta didik. Sampel yang diambil berjumlah 117 peserta didik dengan teknik simple random sampling. Validitas instrumen dihitung dengan menggunakan analisis butir soal. Dari hasil uji coba instrumen penguasaan gramatika bahasa Jerman didapatkan 38 soal valid dan keterampilan membaca 36 soal valid. Penghitungan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analis data dalam penelitian ini adalah regresi sederhana. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan garis regresi yaitu Ŷ = 13, 481 + 0,448 X. Hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan penguasaan gramatika bahasa Jerman terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman, dengan koefisien korelasi Fhitung sebesar 6,343 lebih besar daripada Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 sebesar 1,98%, dan kontribusinya sebesar 25,9 % (R2 = 0,259). Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penguasaan gramatika bahasa Jerman memberi kontribusi sebesar 25,9% terhadap keterampilan membaca bahasa Jerman. Sebesar 74,1% dipengaruhi oleh hal-hal lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: gramatika, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 07:25
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item View Item