PENGARUH PEMAHAMAN LANDESKUNDE DAN PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA

Wulandari, Anisa (2014) PENGARUH PEMAHAMAN LANDESKUNDE DAN PEMANFAATAN INTERNET TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK SMA KOLESE DE BRITTO YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anisa Wulandari 09203241005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pemahaman Landeskunde terhadap keterampilan membaca teks berbahasa Jerman, (2) pengaruh pemanfaatan internet terhadap keterampilan membaca teks berbahasa Jerman, (3) pengaruh pemahaman Landeskunde dan pemanfaatan internet secara bersamaan terhadap keterampilan membaca teks berbahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 kelas, yaitu kelas XI IPA 3 berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari dua variabel bebas yakni: pemahaman Landeskunde (X1) dan pemanfaatan internet (X2) serta satu variabel terikat yaitu keterampilan membaca teks berbahasa Jerman (Y). Pemerolehan data menggunakan angket dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Setelah uji coba diketahui bahwa 32 soal (dari 45 soal) pemahaman Landeskunde dinyatakan valid, 26 soal (dari 35 soal) keterampilan membaca teks berbahasa Jerman dinyatakan valid dan 20 soal (dari 20) soal pemanfaatan internet dinyatakan valid. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil perhitungan menunjukkan persamaan garis regresi yaitu Ŷ = -6,485 + 0,337 X1 + 0,256 X2.Dari hasil uji regresi ganda diperoleh (1) bobot sumbangan pemahaman Landeskunde terhadap keterampilan membaca teks berbahasa Jerman sebesar 25,2%, (2) bobot sumbangan pemanfaatan internet terhadap keterampilan membaca teks berbahasa Jerman sebesar 33,1% dan (3) bobot sumbangan pemahaman Landeskunde dan pemanfaatan internet secara bersama-sama terhadap keterampilan membaca teks berbahasa Jerman sebesar 58,3%. Dengan demikian disimpulkan bahwa pemahaman Landeskunde dan pemanfaatan internet memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca teks berbahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: landeskunde, internet, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 07:00
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item View Item