PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAHASA JERMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERBAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 WATES KULONPROGO

Talan, Aloysia Febriana Kurnia (2014) PENGARUH PERSEPSI TENTANG BAHASA JERMAN DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERBAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 WATES KULONPROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aloysia Febriana Kurnia Talan 08203244029.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi peserta didik tentang bahasa jerman terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Jerman (2) penguasaan kosakata bahasa Jerman terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Jerman, dan (3) pengaruh persepsi tentang bahasa Jerman dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 2 Wates Kulonprogo. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Terdapat dua variabel bebas yakni persepsi peserta didik tentang bahasa Jerman (X1) dan penguasaan kosakata bahasa Jerman (X2), dan satu variabel terikat yaitu kemampuan membaca teks berbahasa Jerman (Y). Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan konstruk. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Validitas instrument angket menggunakan rumus dari Pearson dan uji reliabilitas penguasaan kosakata dan kemampuan membaca teks berbahasa Jerman digunakan rumus Alpha Cronbach. Koefisien korelasi persepsi sebesar 0,935, koefisien korelasi penguasaan kosakata sebesar 0,944 dan koefisien korelasi kemampuan membaca teks berbahasa Jerman sebesar 0,943. Analisis data mengguanakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan persepsi peserta didik tentang bahasa Jerman dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Jerman peserta didik Kelas XI SMA N 2 Wates. Hal ini terbukti dengan persamaan garis regresi adalah Ŷ= 1,639 + 0,156 X1 + 0,273 X2. Sumbangan efektif dari persepsi peserta didik tentang bahasa Jerman sebesar 20.13%, sumbangan efektif dari penguasaan kosakata 11,03%. Nilai Fhitung sebesar 28,286 lebih besar dari Ftabel 3,06 dengan taraf signifikansi 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kosakata, persepsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 06:06
Last Modified: 29 Jan 2019 21:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item View Item