PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG BAHASA JERMAN DAN PENGUASAAN STRUKTUR GRAMATIKAL BAHASA JERMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL

Arifin, Melia Adilita (2014) PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG BAHASA JERMAN DAN PENGUASAAN STRUKTUR GRAMATIKAL BAHASA JERMAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA N 2 BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Melia Adilita Arifin 10203244008.pdf

Download (44MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi peserta didik tentang bahasa Jerman terhadap kemampuan membaca teks bahasa Jerman, (2) pengaruh penguasaan struktur gramatikal bahasa Jerman terhadap kemampuan membaca teks bahasa Jerman, (3) pengaruh secara bersama-sama antara persepsi peserta didik tentang bahasa Jerman dan penguasaan struktur gramatikal bahasa Jerman terhadap kemampuan membaca teks bahasa Jerman. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 2 Banguntapan yang berjumlah 209 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-7 SMA N 2 Banguntapan yang berjumlah 30 peserta didik. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan garis regresi yaitu yaitu Ŷ = 2,843 + 0,085X1 + 0,336 X2, hasil tersebut menunjukkan bahwa bobot sumbangan persepsi peserta didik terhadap kemampuan membaca teks bahasa Jerman sebesar 42,0% dan bobot sumbangan penguasaan struktur gramatikal bahasa Jerman terhadap kemampuan membaca teks bahasa Jerman sebesar 38,5% dan bobot sumbangan pengaruh persepsi peserta didik tentang bahasa Jerman dan penguasaan struktur gramatikal bahasa Jerman secara bersama-sama terhadap kemampuan membaca teks bahasa Jerman sebesar 55,1% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik tentang bahasa Jerman dan penguasaan struktur gramatikal bahasa Jerman memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca teks bahasa Jerman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: struktur gramatikal, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 01:48
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17391

Actions (login required)

View Item View Item