UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KALIBAWANG KULON PROGO MELALUI TEKNIK THREE STEP INTERVIEW

Liquisanty, Fitria Fatmawati (2014) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KALIBAWANG KULON PROGO MELALUI TEKNIK THREE STEP INTERVIEW. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fitria Fatmawati Liquisanty 10203244041.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan (1) keaktifan peserta didik pada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman, dan (2) prestasi belajar keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kalibawang Kulon Progo melalui teknik three step interview. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pada penelitian ini peneliti dan pendidik berkolaborasi untuk menentukan strategi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kalibawang adalah subjek penelitian ini. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, wawancara, catatan lapangan, dan tes keterampilan berbicara bahasa Jerman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada keterampilan berbicara bahasa Jerman dan keterlibatan peserta didik pada pembelajaran bahasa Jerman. Terdapat 75% peserta didik aktif dalam mengajukan pertanyaan, bekerjasama dalam kelompok (diskusi) dan menyampaikan informasi/pendapat atau jawaban. Rata-rata nilai keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik meningkat sebesar 42,49% yaitu dari 56,44 sebelum diberi tindakan menjadi 80,42 setelah siklus II. Dengan demikian, keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kalibawang Kulon Progo meningkat melalui penerapan teknik three step interview.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan teknik three step interview
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 01:33
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17386

Actions (login required)

View Item View Item