PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENGUASAAN GRAMATIK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN

Aliani, Septiana Ria (2014) PENGARUH PENGUASAAN KOSAKATA DAN PENGUASAAN GRAMATIK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Septiana Ria Aliani 10203241032.pdf

Download (245MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh tingkat penguasaan kosakata bahasa Jerman terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Minggir Sleman, (2) pengaruh tingkat penguasaan gramatik bahasa Jerman terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Minggir Sleman, (3) pengaruh tingkat penguasaan kosakata dan penguasaan gramatik bahasa Jerman terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman peserta didik kelas XI SMA N 1 Minggir Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 1 Minggir Sleman. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas, yaitu kelas XI IPA 2 yang seluruhnya berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas, yakni penguasaan kosakata (X1) dan penguasaan gramatik (X2) serta satu variabel terikat, yaitu keterampilan berbicara bahasa Jerman (Y). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes. Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus KR-20. Uji validitas masing-masing instrumen adalah dengan validitas isi, validitas konstruk dan validitas butir soal. Setelah uji coba diketahui bahwa 40 soal (dari 50 soal) untuk penguasaan kosakata dinyatakan sahih, 37 soal (dari 50 soal) untuk penguasaan gramatik dinyatakan ahih dan 4 soal (dari 4 soal) keterampilan berbicara bahasa Jerman dinyatakan sahih. Hasil uji reliabilitas penguasaan kosakata sebesar 0,939, reliabilitas penguasaan gramatik sebesar 0,937 dan reliabilitas tes keterampilan berbicara bahasa Jerman sebesar 0,893. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan Regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa garis regresi yaitu Ŷ = 0,291 + 0,104 X1 + 0,438 X2. Hasil tersebut menunjukkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman (thitung = 6,323 > ttabel =2,042), (2) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan gramatik terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman (thitung =9,877 > t tabel =2,042), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata dan penguasaan gramatik terhadap keterampilan berbicara bahasa Jerman (f hitung =57,716 > f tabel =3,340) dengan sumbangan efektif sebesar 80,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kosakata, gramatik, berbicara
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 23 Apr 2015 01:25
Last Modified: 29 Jan 2019 21:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17383

Actions (login required)

View Item View Item